karya ilmiah pengertian Teknik Informatika
KARYA ILMIAH
TEKNIK
INFORMATIKA
DI SUSUN
OLEH
PUTRI FITDINNA RAMADHANA
150170033
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
2016
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Berkembangnya zaman membuat banyak hal
datang yang semakin membaik. Salah satu contohnya adalah kemajuan dalam bidang
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Berkembangnya ilmu pengetahuan diiringi
dengan teknologi yang semakin canggih untuk melakukan riset-riset penelitian.
Teknologi yang digunakan tidak hanya sekedar alat elektronik dan internet yang
sudah tidak asing lagi bagi kita. Pengolahan data, penyimpanan dan pengarsipan
data serta penyampaian informasi mulai berkembang lebih baik. Jika dahulu orang
harus membukukannya dengan banyak kesalahan dalam pencatatan dan penghitungan,
maka sekarang dengan adanya teknologi, semua pekerjaan dapat dilakukan satu
kali tulis menggunakan applikasi komputer untuk mengerjakannya.
Perkembangan sistem informasi sekarang ini semakin
pesat.Di era yang serba canggih ini, informasi merupakan kebutuhan penting.
Pesatnya kebutuhan informasi tidak dapat dipisahkan dari perkembangan
teknologi. Salah satu teknologi yang perkembangannya cukup pesat adalah
internet. Internet mampu memberikan informasi tanpa batas yang sangat berguna
bagi manusia. Perkembangan teknologi yang
pesat saat ini mendorong perilaku manusia untuk cenderung bergeser dari
cara-cara yang konvensional ke cara -cara yang lebih modern. Itulah sebabnya,
manusia saat ini berlomba lomba untuk memanfaatkan dan memaksimalkan
teknologiyang ada untuk membantu kehidupanya sehari hari. Salah satu teknologi
yang berkembang cukup pesat adalah teknologi Multimedia, Teknologi Multimedia
dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal, salah satunya dimanfaatkan sebagai media
pembelajaran. Sistem belajar mengajar di Indonesia saat ini sebagian besar
masih menggunakan cara konvensional dalam penyampaian materi materinya.
Tapi di zaman
modern ini rata-rata telah banyak menggunakan media canggih tersebut terutama
pelajar, maha siswa/i, dan pegawai. Bahkan terkadang anak-anak telah pandai
mengoperasikan media media sosial.
Berdasarkan
latar belakang sebagaimana terurai diatas yang menjelaskan bagaimana teknologi
digunakan dalam kegiatan bisnis, kantor, dan pendidikan. Dalam laporan yang
berjudul “Pemahaman Definisi Teknik informatika (Teknologi Informasi)” ini ditujukan memberikan informasi bermanfaat tentang konsep dasar dan pengaplikasian teknologi informasi di berbagai bidang dan semoga
berguna bagi para generasi generasi yang akan datang
1.2 Rumusan masalah
Dari uraian di atas timbul
beberapa pokok permasalahan berkaitan dengan Materi-Materi Teknik Informatika yaitu
sejauh mana pengetahuan maha siswa mengenai Definisi TI (Teknik Informatika) yang
mengambil jurusaan non teknik dan apa sebetulnya TI itu.
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penulisan laporan ini
merupakan tugas dari mata kuliah Bahasa Indonesia dan untuk membandingan antara
kajian teori asli dari para ahli dan pendapat dari para maha siswa yang
mengambil jurusan non teknik, juga untuk masyarakat awam agar mereka tidak memberi
penilaian yang salah terhadap teknik informatika.
1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1 Secara teoritis
1
Bermanfaat sebagai suatu proses belajar dalam
membuat laporan.
2
Dapat mengkaji lebih dalam tantang pemahaman.Teknik
Informatika (TI).
3
Meberikan inspirasi bagi pembaca tentang Teknik
informatika (TI).
4
Untuk mengetahui perkembangan Teknologi
Informasi di dunia.
5
Mengetahui banyak pendapat dari para ahli
tentang Teknik Informatika (TI).
1.4.2 Secara Praktis
1
Untuk
mengetahui aplikasi dari Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (TI) pada kehidupan sehari-hari.
2
Untuk menambah pengetahuan tentangTeknologi
Informasi (TI).
3
Menerapkan konsep yang kuat mengenai teknik
informatika.
4
Menguatkan pemikir yang kritis terhadap Teknik
Informatika(TI).
5
Untuk mengetahui pendapat-pendapat atau
pemahaman para maha siswa tentang Teknik Informtika (TI).
6
Melatih para peniliti untuk lebih kritis dan
jeli terhadap suatu masalah.
7
Melatih mental para peniliti untuk mempunyai
sikap yang bijak dalam meneliti msalah.
8
Membimbing peneliti membiasakan sikap mandiri.
1.5 Sistematika Penulisan
Setiap laporan memiliki sistematika
penulisan dalam laporan ini mencangkup beberapa pokok permasalahan. Sistematika
laporan ini adalah sebagai berikut :
BAB I :
PENDAHULUAN
Bab ini berisikan
tentang hal hal sebagai berikut :
1
Latar belakang masalah
2
Rumusan masalah
3
tujuan penelitian
4
manfaat penelitian (secara teori dan secara
praktek)
5
sistematika penulisan laporan
BAB II : KAJIAN TEORI
Bab ini
menjelaskan tentang hal hal sebagai berikut :
1
Pemahaman definisi TI (menurut para ahli dan
maha siswa teknik)
2
Ruang lingkup TI (Teknik Informatika)
3
Apakah Hacker seorang TI (Teknik Informatika)
4
Prospek kerja TI (Teknik Informatika)
5
Potensi Isu terhadap TI (Teknik Informatika)
BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini membahas
tentang hal hal sebagai berikut :
1
Jenis Penelitian
2
Tempat dan Waktu Penelitian
3
Subjek Penelitian
4
Instrumen Penelitian
5
Tehnik Pengumpulan
6
Tehnik Analisis Data
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini membahas tentang hasil
penelitian yang telah di praktekan sebelumnya yang mencangkup sebagai berikut :
1
Hasil Penelitian
2
Pembahasan
BAB V : PENUTUP
Bab yang
terakhir ini membahas mengenai hal-hal sebagai berikut :
1
Simpulan
2
Saran
BAB II
KAJIAN TEORI
2.1 PEMAHAMAN DEFINISI TI (TEKNIK INFORMATIKA)
2.1.1 MENRUT PARA AHLI
Di bawah ini adalah beberapa pendapat
dari para ahli mengenai TI(Teknik Informatika/Teknologi Informasi) yaitu
sebagai berikut:
1.
Haag & Keen (1996) teknologi
informasi adalah seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi
serta melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
2.
(Martiin, 1999)teknologi informasi
tidak hanya terbatas pada TI (Hardware dan Software) yang digunakan untuk
memproses dan menyimpan informasi, serta juga mencakup teknologi komunikasi
yang mengirimkan sebuah informasi.
3.
Williams dan Sawyer (2003) TI adalah
teknologi yang menggabungkan Komputer dengan jalur komunikasi yang berkecepatan
tinggi yang dapat membawa data, suara dan video.
4.
(Lucas, 2000) Teknologi
Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan
mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis
5.
(Oxford, 1995) Teknologi
Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, Untuk
menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi, termasuk kata-kata,
bilangan, dan gambar.
6.
Menurut Kenneth
C. Laudon (2004:14)
Teknologi informasi adalah salah satu alat yang digunakan untuk masukan,
mengolah, dan mengeluarkan aktivitas dalam sebuah sistem informasi. Perangkat
tersebut terdiri atas: unit pengolahan komputer, masukan yang
bermacam-macam,keluaran, dan perangkat penyimpan: media fisik: kabel, modem,
ddan kepingan untuk menghubungkan perlengkapan.
7.
Menurut
Sawyer / williams (2007:1), Teknologi
Informasi (TI), atau
dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT)
adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam
membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara,
dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi,
tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam
modern (misalnya ponsel).
8.
Menurut B.
Hariyanto,
Informatika merupakankumpulandisiplinilmudanteknik yang
secarakhususmenanganimasalahtransformasiataupengolahan data denganmemanfaatkan
se-optimal mungkinteknologikomputermelalui proses-proses logika.
9.
(Bodnar & Hopwood, 1993) Teknologi informasi adalah
kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan
data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
10.
(Gelinas, Oram, & wiggins,
1990)
Teknologi informasi i adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum
terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk
menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran
kepada pemakai.
11.
(Hall, 2001) Teknologi informasi
adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokkan, diproses
menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai.
12.
(Turban, McLean, & Wetherbe,
1999)
Teknologi informasi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan
menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
13.
(Wilkinson, 1992) Teknologi informasi
adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia, komputer)
untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai
sasaran-sasaran perusahaan.
Dari berbagai definisi tersebut,
dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi mencakup sejumlah komponen (manusia,
komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja), ada sesuatu yang
diproses (data menjadi informasi), dan
dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan. Bahan kajian ini
merupakan materi pembelajaran yang mengacu pada bidang-bidang ilmu pengetahuan
dan teknologi.
2.1.2 MENURUT MAHA SISWA MELELUI WAWANCARA
Di poin yang kedua ini kami akan
membandingan antara teori dari para ahli dan hasil wawancara antar mahasiswa
teknik itu sendir.hasil
wawancara tersebut kami buat dengan semaksimal mungkin yang bersifat objektif.
1.
Hasil wawancara narasumber pertama
Pewawancara :”Assalamu’alaikum Wr.Wb”
Narasumber1 :”Wa’alaikumsalam Wr.Wb”
Pewawancara :”Emm saya putri fitdina ramadhana, saya
berasal dari jurusan teknik informatika,
saya ingin mewawancarai anda bolehkah saya meminta waktu anda sejenak...?”
Narasumber1 :”Boleh...!!”
Pewawanc ara :”Sebelumnya anda berasal dari jurusan apa...?”
Narasumber1 :”Ilmu komunikasi”
pewawancara :”Baik langsung saja, ee edisi
minggu 4 oktober, 2015 bertempatan dibukit indah, pertanyaan yang pertama”
“Menurut anda apa
sih teknik informatika itu..??”
Narasumber1 :”Menurut saya teknik informatika itu
berhubungan dengan cara bagaimna menggunakan komputer baik itu system jaringan,
aplikasi komputer, dan semua yang mengenai tentang komputer.”
Pewawwancara :”Baik... emmm menurut anda apa saja sieh
yang dipelajari dalam teknik informatika itu...??”
Narasumber1 :Menurut saya!! Eeee,,, aplikasi komputer, ee dan seluk beluk
tentang komputer, segalanya yang menyangkut tentang komputer....!!!”
Pewawancara :”Baik-baik.. nahh,lalu jebolan teknik
informatika itu kira-kira akan menjadi apa..???
Narasumber1 :”Menurut saya itu banyak karena...
sekarang semuanya dilingkungan kita, lingkungan sekitar menggunakan
komputer baik itu pelajar, eee orang
biasa atau pun pekerja kantor, pasti menggunakan komputer lebih tepatnya
komputer itu dapat bekerja diberbagai bidang.”
Pewawancara :”Oke.. nah, sekarang kira-kira menurut
anda hacker itu apakah seorang teknik informatika..?
Narasumber1 :”Menurut saya hacker itu... dia hanya,
hanya tertarik kepada komputer namun dia tidak menguasai hal-hal yang mengenai
komputer dia hanya mengetahui sedikit bidang aja hanya tertarik sedikit tidak
banyak..!!”
Pewawancara :”Oke,,, emm baiklah yang terakhir menurut
anda ada gak hal-hal yang terkait dalam teknik informatika, misalnya tentang
hal-hal yang menyangkut teknik informatika ataupun hal-hal yang terkait dalam
teknik informatika,menurut ada.. (upps
terjadi kesalahan) menurut anda ada gak hal-hal yang lain..??”
Narasumber1 :”Menurut saya sihh saya kurang
mengetahui tentang teknik informatika jadi pengetahuan saya tiddak mendalam...
jadi... hanya itulah yang saya tahu...??
Pewawancara :”Baiklah terima kasih atas waktu yang
telah diberikan mohon maaf kepada anda jika saya ada kat-kata yang salah
selamat siang, assamu’alaikum Wr.Wb....”
Narasumber1 :”Wa’alaikumsalam Wr.Wb??”
2.
Hasil wawancara narasumber kedua
Pewawancara :”Assalamu’alaikum
wr.wb”
Narasumber2 :”wa’alaikumsalam
wr.wb”
Pewawancara
:”saya
cut dewi aida soraya, saya berasal dari prodi teknik informatika. Bolehkah saya mewawancarai anda sejenak?
Narasumber2 :boleh,
silahkan”
Pewawancara :”maaf
sebelumnya , anda berasal dari prodi mana?”
Narasumberr2 :”saya
berasal dari prodi ilmu komunikasi”.
Pewawancara :”Baiklah. betepatan dikampus
bukit indah, minggu 25 oktober pukul 12:00 wib. Saya akan mewawancarai anda
yang berasal dari prodi ilmu komunikasi, tentang teknik informatika.yang
pertama menurut anda apa itu teknik informatika?”
Narasumber2 :”teknik informatika adalah suatu
jurusan yang mengarah kepada aplikasi komputer. Mereka itu lebih sering .....
lebih sering dibagian emmm pengeditan vidio game,atau pun pembuatan-pembuatan
vidio game dan aplikasi-aplikasi yang terdapat pada komputer.”
Pewawancara :”menurut anda, apa saja yang
dipelajari dalam teknik informatika?”
Narasuber2 :”yang saya ketahui anak-anak
teknik itu biasanya. yang menurut
pengalaman saya dengar, mereka itu sering belajar bagaimana cara
mengaplikasikan aplikasi komputer dan bagaimana cara mereka membuat vidio-vidio
game”
Pewawancara :”menurut anda, jebolan teknik
informatika itu akan menjadi apa sih?”
Narasumber2 :”yap, banyak mereka itu bisa
sangat berguna karna itu bagian elektronik yang dimana mereka mungkin bisa
menjadi teknisi komputer atau pun sebagai ge..gamers”
Pewawancara :”setahu
anda, hacker itu seorang teknik informatika bukan?”
Narasumber2 :”klo menurut saya itu emmmm
seseorang yang bisalah merunjuk kepada teknik informatika karna mereka itu
lebih tii lebik kurangnya emmm bisa menga..
mengaplikasikan dan mereka juga ber..berselunjur dibagian komputer”.
Pewawancara :”ada hal lain yang anda ketahui
tentang teknik informatika?”
Narasumber2 :”emmm menurut saya hanya itu
saja karna saya pun kurang mengarah kepada jurusan tersebut
Pewawancara :”sekian
dan terima kasih atas waktu anda”
Narasumber2 :’’sama-sama
2.2 RUANG LINGKUP TI(TEKNIK INFORMATIKA)
Untuk mempermudah penulisan laporan ini
dan agar lebih terarah dan berjalan dengan baik maka kiranya perlu di buat
suatu batasan masalah.Peneliti mengambil ruang lingkup dari permasalahan yang
timbul di kalangan teknik informatika.secara garis besar ruang lingkup materi
teknik informatika dapat di kelompokan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain
adalah :
1
Sistem
Informasi : memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan
kerangka sistem informasi, metologi dan teknik perancangan, pengembangan,
pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak.
2
Rekayasa
perangkat lunak : analisa dan desain obyek, penyempurnaan proses rekayasa,
inspeksi perangkat lunak, rekayasa perangkat lunak, pemrograman basis data
clint server.
3
Pemrograman
dan komputasi : memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis
permasalahan dalam ruang lingkup komputasi, komputasi pararel, sistem
terdistribusi, teknologi antar jaringan.
4
Arsitektur
dan jaringan komputer : materi yang di pelajari dalam bidang ini adalah
arsitektur komputer, organisasi komputer, elektronika, sistem digital, sistem
mikroprosesor, jaringan komputer, dan lain sebagainya.
2.3 HACKER
Di dalam hal teknik informatika banyak
mencangkup hal-hal yang menjadi prospek kerja TI(Teknik Informatika). Dalam
laporan ini ada pembahasan mengenai hacker . Apakah hacker itu seorang TI(Teknik Informatika) atau bukan,?? Berikut
penjelasanya.
Menurut bukuini, Hacker adalah orang
yang paham komputer dalam melakukan analisis, mempelajari, memodifikasi, melakukan
teknik penyusupan kedalam suatu sistem jaringan komputer atau program.Istilah
hacker sendirilahir di tahun 1959 dariorganisasi-organisasimahasiswa Tech Model
Railroad Club di LaboratoriumKecerdasanArtifisial Massachusetts Institute of
Technologi (MIT).Dewasaini, orang seringmengartikan hacker sebagai cracker,
yaituperusaksistemkomputer.Padahalsecaraetika, keduanyasangatbertentangan.
2.4 PROSPEK KERJA TI(TEKNIK INFORMATIKA)
Seorang lulusan jurusan teknik informatika
memiliki kemampuan untuk mengembangkan perangkat lunak (sofware) untuk berbagai
keperluan, menganalisis sistem dalam suatu organisasi.Beberapa posisi kerja
yang dapat di ambil oleh seoarang sarjana Teknik Informatika yaitu :
1
Capacity Planning Supervisor
2
Database Administrator
3
Customer Service Supervisor
4
Data Communication Assisstent Manager
5
Data Entry Supervisor dan lain sebagainya.
Dengan berbaga kemampuan yang di
milikinya lulusan Teknik Informatika dapat juga menjadi sebagai berikut :
1
Tenaga pendidik (yaitu menjadi guru/dosen
terutama untuk daerah-daerah yang baru mulai berkembang apalagi sekolah-sekolah
yang belum menggunakan teknologi yang canggih.)
2
Pegawai Negri Sipil (PNS) (di dalam era
globalisasi saat ini bisa di katakan tidak ada lembaga perusahaan dan
organisasi yang tidak memanfaatkan bidang TI, pemerintah sangat membutuhkan
praktisi TI. Namun tentu saja yang paling membutuhkan lulusan Ti adalah
Kementrian komunikasi dan informatika).
3
Badan Usaha Milik Negara (seperti institusi pemerintahan,
semua insituti pemerintah membutuhkan lulusan dari TI).
4
Pegawai Swasta (pegawai swasta juga membutuhkan
tenaga kerja lulusan TI, sebab lulusan TI yang mempunyai kemampuan lebih dapat
mengembangkan proses cara kerja yang ada dalam perusahaan).
2.5 POTENSI ISU TERHADAP TI (TEKNIK INFORMATIKA)
Seperti teknologi lain yang telah hadir
ke muka bumi ini, selain membawa banyak potensi manfaat, kehadiran TI juga
dapat membawa masalah khususnya internet, penyebaran informasi yang tidak
mungkin terkendalikan telah membuka akses terhadap informasi yang tidak
bermanfaat dan merusak moral. Banyak manfaat nya seperti :
Manfaat
komputer dalam bidang pendidikan : komputer sebagai media, komputer sebagai
bahan belajar, dan sebagai alat bantu.
Dan
masalah-masalah komputer dalam bidang pendidikan adalah sebagai berikut :
1
Anggaran untuk perawatan (maintainance)
2
Pelatihan yang terlalu spesifik
3
Tidak ada karyawan khusus
4
Tidak ada teknisi khusus yang ahli.
Isu yang sampai saat ini masih menjadi
pembicaraan di dunia pendidikan adalah ketersediaannya perangkat komputer di
dunia pendidikan.Masih banyak banyak sekolah-sekolah dasar maupun sekolah
terpencil yang belum terdukung oleh perangkat komputer dan akses internet.
Padahal kurikulum pada saat ini mewajibkan setiap sekolah menyediakan fasilitas
komputer dengan akses internet untuk mendukung program pembelajaran.Masalah dan
isukomputer dalam pendidikan kemajuan teknologi komputer selain memberikan
dampak negatif juga memberikan dampak positif tergantung kita memilih dan
menanggulanginya.Ada 6 masalah utama berkembangnya komputer dalam pendidikan
yaitu :
1
Anggaran
2
Tidak tersedianya karyawan.
3
Tidak tersedianya tenaga ahli.
4
Materi yang sesuai untuk mengajar tidak
tersedia.
5
Lemahnya kondisi kerja guru di lapangan
mendorong bahwa mereka tidak dapat memngembangkan materi mengajar secara
kreatif.
6
Pelatihan biasanya terlalu spesifik di ambil.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 JENIS PENELITIAN
Jenis penelitian dalam laporan ini adalah Deskriptif
Kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang termasuk
dalam jenis penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap
fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian
berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Penelitian deskriptif kualitatif
menafsirkan dan menuturkan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang
terjadi, sikap serta pandangan yang terjadi di dalam masyarakat, pertentangan 2
keadaan / lebih, hubungan antarvariabel, perbedaan antar fakta, pengaruh
terhadap suatu kondisi, dan lain-lain. masalah yang diteliti dan diselidiki
oleh penelitian deskriptif kualitatif mengacu pada studi kuantitatif, studi
komparatif, serta dapat juga menjadi sebuah studi korelasional 1 unsur bersama
unsur lainnya. Biasanya kegiatan penelitian ini meliputi pengumpulan data,
menganalisis data, meginterprestasi data, dan diakhiri dengan sebuah kesimpulan
yang mengacu pada penganalisisan data tersebut.
3.2 TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN
Wawancara kami lakukan di tempat yang
sama hanya saja waktu yang berbeda.Dari pendapat para ahli kami melakukan
penelitian lebih lanjut mengenai TI dari
para mahasiswa Non Teknik, dan kami juga mengkaji lebih lanjut sampai manakah
pemahaman para mahasiswa Non teknik guna untuk mengumpulkan data laporan kami,
dan keterangannya adalah sebagai berikut:
Wawancara
yang pertama kami lakukan di :
Tempat :
Kampus Bukit Indah Universitas Malikussaleh
Hari/tanggal : Minggu,04 Oktober, 2015
Pukul :
11.10 WIB
9
Wawancara
yang kedua kami lakukan di :
Tempat :
Kampus Bukit Indah Universitas Malikussaleh
Hari/tanggal : Minggu,25 Oktober, 2015
Pukul :
12.00 WI
3.3 SUBJEK PENELITIAN
Dalam laporan ini terdapat 2 orang
subjek untuk melakukan penelitian, Dalam lapora ini terdapat 2 subjek penelitian
yang berbeda yaitu
1
PUTRI FITDINNA RAMADHANA( sebagai pewawancara
pertama sekaligus melekukan penelitian).
2
CUT DEWI AIDA SORAYA( sebagai pewawancara kedua
sekaligus juga melakukan penelitian).
3.4 INSTRUMEN PENELITIAN
Instrumen adalah : sebuah alat yang
digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi yang bermanfaat untuk menjawab
permasalahan penelitian. Instrumen sebagai alat pada waktu penelitian yang
menggunakan suatu metode.Instrumen penelitian tidak jauh beda dengan
pengumpulan data/prosuder enelitian. Yang menjadi perbedaan adalah instrumen
membahas tentang alat-alat yang digunakan dalam melakukan penelitian yaitu
seperti alat perekam, alat tulis(buku, pulpen, pinsil dan lain sebagainya)
sedangkan jika teknik pengumpulan/prosuder penelitian membahas lebih detailnya
bagaiman metode-metode yang akan dilaksanakan. Mulai dari membuat janji hingga
wawancara berakhir.
3.5 TEKNIK PENGUMPULAN/PROSUDER PENELITIAN
Dalam Teknik pengumpulan data/prosuder
penelitian yang terdapat di dalam laporan ini terbagi dua yang pertama dari
para ahli(buku), Internet dan wawancara, dalam wawancara terdapat beberapa
langkah yaitu sebagai berikut :
1
Mula-mula mebuat janji kepada narasumber
2
Tempat ingin melekukan wawancara
3
Waktu pertemuan untuk wawancara
4
Persiapkan tema penelitian yang ingin ditanyakan
5
Siapkan alat rekam(Perekam)
6
Alat tulis (Buku, Pulpen, Pinsil, dan lain
sebagainya)
7
Lakukan wawancara pada narasumber
3.6 TEKNIK ANALISIS DATA
Teknik analisis
data ini adalah mencari kesamaan antara Teori dan non teori setelah wawancara
selesai maka data yang telah di dapatkan akan di analisis kembali dan di lihat
kebenarannya apakah sama antara para ahli dan para maha siswa tentang pemahaman
TI(Teknik Informatika).Jika sama maka pemahaman para maha siswa sangat meluas
dan mendalam. Dan memiliki daya pikir yang bagus juga maksimal dan tidak ada
yang perlu di analisis kembali sebab teori dan non teori memiliki persamaan.
Dan jika tidak maka teknik analisis ini sangat di butuhkan untuk membuktikan
hal terBAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 HASIL PENELITIAN
Hasil penelitian yang kami lakukan telah
membuktikan bahwa antara teori dan non teori cukup berbeda. Teori membuktikan
hasil asli dan pemahaman yang luas, sedangkan nonteori hanya pemahaman dalam
kalangan masyarakat atau yang umum yang diketahuinya saja.Para ahli menggunakan
peneitian yang berusaha memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul
terkait bidang TI. Sedangkan peneliti dalam laporan ini ingin membandingkan
antara teori dan non teori. Dengan cara mewawancarai narasumber non teknik.
4.2 PEMBAHASAN
Hasil
penelitian yang kami lakukan telah membuktikan bahwa antara teori dan non teori
cukup berbeda. Teori membuktikan hasil asli dan pemahaman yang luas, sedangkan
nonteori hanya pemahaman dalam kalangan masyarakat atau yang umum yang
diketahuinya saja.Para ahli menggunakan peneitian yang berusaha memecahkan
permasalahan-permasalahan yang muncul terkait bidang TI. Sedangkan peneliti
dalam laporan ini ingin membandingkan antara teori dan non teori. Dengan cara
mewawancarai narasumber non teknik
HASIL
PENELITIAN MENURUT NARASUMBER
|
|
NARA SUMBER PERTAMA
|
NARASUMBER KEDUA
|
1.
PENGERTIAN TEKNIK INFORMATIKA
Teknik
informatika adalah cara bagaimana menggunakan komputer, sistem komputer,
aplikasi komputer dan yang berhubungan tentang komputer
2.
MACAM-MACAM ILMU DALAM TI
1.
Aplikasi komputer
2.
Jaringan komputer
3. Seluk beluk
tentang komputer
3.
PEKERJAAN LULUSAN TI
Dapat berkerja
diberbagai bidang
1.
HACKER
Hacker bukan
seorang teknik komputer karena hacker
hanya tetarik dan tidak menguasai hal-hal yang mengenai komputer dan hanya
mengetahui sedikit bidang
5.
.HAL LAIN YANG MENYANGKUT TI
Kurang
mengetahui dan kurang paham.
|
1.
PENGERTIAN TEKNIK INFORMATIKA
Teknik
informatika adalah suatu jurusan yang mengarah kepada aplikasi kopmputer .
2.
MACAM-MACAM ILMU DALAM TI
1.
Aplikasi komputer
2.
Membuat vidio
3.
Membuat game
3.
PEKERJAAN LULUSAN TI
1. M
enjadi teknisi
2. Gamers
4.
HACKER
Hacker orang
yang sedikit lebih kurangnya dapat mengaplikasikan komputer.
5.
HAL LAIN YANG MENYANGKUT TI
Kurang
mengetahui dan kurang paham.
|
BAB V
PENUTUP
5.1 SIMPULAN
1
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa
Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum
yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat,
mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
2
Saat ini Teknologi Informasi (TI) berkembang
sangat pesat dan meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Baik untuk keperluan
menyelesaikan pekerjaan sehari - hari di tempat kerja, maupun di dalam
kehidupan pribadi atau keluarga. Perkembangan TI ini akan mendominasi dunia dan
sangat memengaruhi kehidupan masyarakat di masa mendatang.
3
Prospek kerja ti(teknik informatika) memiliki
banyak peluang untuk bekerja di bebrbagai biadang seperti tenaga pendidik,
PNS,Badan Usaha Milik Negara dan juga pegawai swasta dan masi banyak lagi
4
Isu yang sampai saat ini masih menjadi
permasalah di TI masi banyak di kalangan masyarakat terutama dalam dunia
pendidikan yang sangat berpengaruh.
5
Hasil penelitian yang di lakukan telah
membuktikan bahwa antara teori dan non teori cukup berbeda. Teori membuktikan
hasil asli dan pemahaman yang luas, sedangkan nonteori hanya pemahaman dalam
kalangan masyarakat atau yang umum yang diketahuinya saja.Para ahli menggunakan
peneitian yang berusaha memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul
terkait bidang TI.
5.2 SARAN
1
Untuk kemajuan teknologi informasi teknologi
computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola
fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan
inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang
berguna bagi manusia.
2
Diharapkan dengan adanya teknologi computer dan
softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu
mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.
3
Kemajuan teknologi informasi computer software
dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia
sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa
depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan
system komputerisasi.
DAFTAR PUSTAKA
Hagg, & Keen. (1996). Teknologi Informasi.
New york: McGraw Hill Education.
Lucas. (2000). Operacional Computer Technology.
Turkey: Markeeting our Costumers Management.
Martiin. (1999). Information Technology. inggris:
Queensland University Technology.
Oxford. (1995). Asset Management In Electricity
Transmission. Brisbane: National Aeronautics.
Laudon, Kenneth C. 2004. Management information systems, Third
Edition, New Delhi 11001: Prentice Hall of India Privated Limited
Williams / Sawyer, (2007), Using
Information Technology terjemahan Indonesia, Penerbit ANDI, ISBN 979-763-817-0
Deeson
Eric,1991,Dictionary of Information Technology, Glasgow, UK, Harper Collins
Publishers,
Hackers
Center Magazine edisi 1-2 (c) 2009,TahunTerbit : 2013,Penerbit : Mediakita,
Jakarta
Bodnar, & Hopwood. (1993). Imteligent
System Computer. New York: Welington Electricyty.
Gelinas, Oram, & wiggins. (1990). The Satisfaction
on General Affairs Service of Electrical Engineering Technology. new
zealand: social and Behaviorial Sciences.
Hagg, & Keen. (1996). Teknologi Informasi. New
york: McGraw Hill Education.
Hall. (2001). Menagement Information system. European
journal of operational Research , 556.
Lucas. (2000). Operacional Computer Technology.
Turkey: Markeeting our Costumers Management.
Martiin. (1999). Information Technology. inggris:
Queensland University Technology.
Oxford. (1995). Asset Management In Electricity
Transmission. Brisbane: National Aeronautics.
Turban, McLean, & Wetherbe. (1999). Management System
Computer. Journal makeeting , 665.
Wilkinson. (1992). Comunication Information Technology. Knowlade
management , 443.
Comments
Post a Comment